Wednesday, February 27, 2013

Bahaya dari Sampah Kantong Plastik


Sampah plastik telah mengapung dan menumpuk di samudra pasifik utara selama 40 tahun terakhir. Untungnya ada yayasan yang bernama Plastic Oceans Foundations yang memiliki tujuan untuk mengurangi sampah plastik di lautan dan samudra. Perlu diketahui bahwa sebanyak 500 juta kantong plastik digunakan di seluruh dunia setiap tahunnya. Belakangan dalam pembuatannya, plastik semakin banyak menggunakan minyak bumi hingga mencapai 8 persen dari jumlah produksi minyak di seluruh dunia.


Di Indonesia, setiap tahun 100 miliyar kantong plastik digunakan. Untuk menciptakan kantong plastik, sebanyak 12 juta barel minyak. Dengan jumlah tersebut, berarti setiap warga di Indonesia menggunakan kira-kira 700 kantong plastik dalam setahun, atau 2 kantong plastik per hari.

Semakin menumpuknya sampah plastik, enggak heran belakangan banyak orang memilih gaya hidup yang ramah lingkungan dan mengurangi penggunaan plastik. Sebaiknya kita jangan tinggal diam secara perlahan kita juga perlu mengurangi penggunaan plastik. Karena perlu waktu 1000 supaya sampah plastik bisa terurai.



No comments:

Post a Comment